listrik dan problematika masyarakat

Posted by Network for Populist Politics (Jaringan Politik Untuk Kerakyatan Bulukumba) On 08.24 0 komentar

SOSIALISASI MEKANISME PELAYANAN PLN DI 7 KECAMATAN KABUPATEN BULUKUMBA
TEMA"membangun sinergitas antara masyarakat dan pln".
 

DI SELENGGARAKAN OLEH: Jaringan Politik Untuk Kerakyatan Bulukumba

Di Era yang serba terbuka ini, keinginan masyarakat untuk memperoleh keterbukaan informasi semakin tinggi, apalagi menyangkut pelayanan terhadap publik yang diselenggarakan oleh badan publik. Jadi semua lembaga pelayanan publik diajak untuk semakin transparan dan informasi harus dibuka sebesar-besarnya dengan pengecualian hal-hal yang menyangkut keamanan negara, hak privat dan yang diatur oleh undang-undang. Karena pada dasarnya terkait Undang-Undang Nomor 14  Tahun 2008  Tentang Keterbukaan Informasi Fublik  (UU KIP) mempunyai tiga sumbu utama yaitu Transparansi, Partisipasi dan Akuntabilitas public,ini kemudian menjadi titikdasar hak dan kewajiban antara kolektifitas masyarakat danlembaga pelayan public
Dalam hal ini menyangkut Kualitas pelayanan publik di tubuh PLN yang kerap dikeluhkan masyarakat, dapat terjadi karena berbagai hal. Salah satunya adalah lemahnya transformasi informasi itu sampai pada masyarakat yang sungguh sangat membutuhkan atau kurangn maksimalnya  sosialisasi secara tehnis dalam bentuk sharing antara masyarakat dan pihak PLN  di samping lemahnya sinergitas masyarakat itu sendiri terhadap apa yang menyangkut persoalan kebutuhan yang terkait.
Dari analisis ini kemudian di butuhkan sebuah gagasan konstruktif  untuk mentransformasi informasi dari pihak pln yang terkait sebagai salah satu lembaga pelayanan Publik  dengan memaksimalkan sosialisasi ditiap-tiap wilayah kerja yang terkait yang tidak hanya akan menjelaskan secara tehnik tapi juga secara universal tentang kaitan dan keberadaan pln terhadap masyarakat termasuk hak dan kewajiban Pln dan hak masyarakat pelanggan terhadap Pln. Dari kegiatan ini kemudian mereduksi "budaya pelayanan minimalis" dengan sistem sinergitas berkelanjutan, putting people first, menjadikan kepuasan masyarakat sebagai prioritas utama.
Dalam hal ini Jaringan Politik Untuk Kerakyatan (JI-PEK) Bulukumba Yang berorientasi pada pembangunan pendidikan kritis masyarakat dengan konsep kerakyatan hadir sebagai mediator  dengan menawarkan sharing berupa dialog terbuka terkait pelayanan Pln antara masyarakat pelanggan dengan Pihak PLN yang di kemas dalam sebuah dialog publik dengan mengambil tema ”membangun sinergitas dan partisipasi aktif masyarakat pemakai listrik” yang di selenggarakan secara berkelanjutan di   7 kecamatan  diantaranya adalah kecamatan rilau ale, bulukumpa, kecamatan herlang,bontotiro, kajang , ujungloe dan bontobahari. yang  telah diselenggarakn dalam bentuk yang serupa.
 TUJUAN  DAN MAMFAAT
Tujuan Dari Kegiatan Ini Adalah:
-          Menjelaskan secara terbuka segala bentuk mekanisme dan pelayanan PLN yang ada
-          Upaya membangun sinergitas antara masyaarakat dan pihak PLN terkait persoalan pelayanan 
-          Memberikan keterbukaan informasi dasar terhadap segala bentuk kebijakan dan perubahan pelayanan yang ada di PLN
-          Upaya akses informasi penjelasan dini kelembagaan atas hak dan kewajiban PLN dengan hak dan kewajiban masyarakat pelanggan
-          Untuk lebih mengantisipasi berbagai kegiatan praktek percaloan dan manifulasi informasi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.
Mamfaat Dari Kegiatan Ini Adalah :
-          Membangun daya kritis masyarakat serta menjadikan masyarakat pelanggan sebagai konsumen yang cerdas dan partisipatif
-          Sebagai pendekatan kerja  pada masyarakat pelanggan dalam rangka membangun kebersamaan yang panjang ke depan.
-          Menuju pelayanan PLN yang lebih maksimal   dengan terciptanya kesatuan pemahaman serta gerak langkah dengan segala bentuk pelayanan yang terpadu


C.BENTUK DAN TEMA KEGIATAN
Bentuk Kegiatan ini adalah Dialog/Sharing langsung kelanjutan dari kegiatan di tujuh kecamatan  sebelumnya yang ada di kabupaten bulukumba   dalam bentuk sosialisasi mekanisme pelayanan PLN
Tema kegiatan ini adalah Dialog Publik” ”Membangun Sinergitas Dan Partisipasi Aktif Masyarakat Pemakai Listrik” Sebagai sebuah Upaya Membangun Sinergitas Antara Masyarakat Pelanggan Dan PLN Cabang Bulukumba
SASARAN/PESERTA KEGIATAN
            Sasaran/peserta  kegiatan ini adalah :
- Para kepala Desa/lurah se kecamatan yang di maksud 
- Para Kepala Dusun/Tokoh Masyarakat
- Tokoh Pemuda dan Pengurus Remaja Mesjid
 Dengan target jumlah peserta tiap kecamatan 50 Orang.

NARASUMBER KEGIATAN

 Narasumber dalam kegiatan   ini adalah Tim Dari PLN CABANG BULUKUMBA TERMASUK Wilayah Ranting  Yang terkait.
Pembicara Utama Adalah Manajer/Pimpinan PLN Cabang Bulukumba
( Bapak Wawan Gunawan,ST,MM )  
Menghadirkan Penanggap Dari Pihak Pemerintah Kecamatan Yang Terkait

PENGANTAR DIALOG : Arie M dhirganthara

JADWAL/WAKTU KEGIATAN
Jadwal Dan Waktu Kegiatan ini Adalah :
NO
 NAMA KECAMATAN
                 TEMPAT
       HARI/TANGGAL/JAM
1.
(KEC. RILAU ALE)
Aula  Pertemuan Kecamatan
JUMAT/ 23  September  2010
Jam : 02.00 Siang Wita
2.
(KEC. BULUKUMPA)
Aula  Pertemuan Kecamatan
Kamis / 29 september 2010
Jam : 02.00 Siang Wita
3.
-KEC.UJUNG LOE-
Aula  Pertemuan Kecamatan
Senin / 03 Oktober  2010
Jam : 02.00 Wita
4.
-KEC. BONTO BAHARI-
Aula  Pertemuan Kecamatan
Rabu 05 Oktober 2010
Jam : 10.00 Wita
5.
-KEC. BONTO TIRO-
Aula  Pertemuan Kecamatan
Senin 11 Oktober 2010
Jam : 02.00  Siang WITA
6.
KEC. HERLANG
Aula  Pertemuan Kecamatan
Senin 11 Oktober 2010
Jam : 02.00 siang Wita
7.
KEC. KAJANG
Aula  Pertemuan Kecamatan
Rabu 12 Oktober 2010
Jam : 02.00 siang Wita

0 komentar:

Posting Komentar