SOSIALISASI MEKANISME PELAYANAN PLN DI 7 KECAMATAN KABUPATEN BULUKUMBA
TEMA"membangun sinergitas antara masyarakat dan pln".
DI SELENGGARAKAN OLEH: Jaringan Politik Untuk Kerakyatan Bulukumba
Di Era yang serba terbuka ini, keinginan masyarakat untuk memperoleh keterbukaan informasi semakin tinggi, apalagi menyangkut pelayanan terhadap publik yang diselenggarakan oleh badan publik. Jadi semua lembaga pelayanan publik diajak untuk semakin transparan dan informasi harus dibuka sebesar-besarnya dengan pengecualian hal-hal yang menyangkut keamanan negara, hak privat dan yang diatur oleh undang-undang. Karena pada dasarnya terkait Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Fublik (UU KIP) mempunyai tiga sumbu utama yaitu Transparansi, Partisipasi dan Akuntabilitas public,ini kemudian menjadi titikdasar hak dan kewajiban antara kolektifitas masyarakat danlembaga pelayan public.
Dalam hal ini menyangkut Kualitas pelayanan publik di tubuh PLN yang kerap dikeluhkan masyarakat, dapat terjadi karena berbagai hal. Salah satunya adalah lemahnya transformasi informasi itu sampai pada masyarakat yang sungguh sangat membutuhkan atau kurangn maksimalnya sosialisasi secara tehnis dalam bentuk sharing antara masyarakat dan pihak PLN di samping lemahnya sinergitas masyarakat itu sendiri terhadap apa yang menyangkut persoalan kebutuhan yang terkait.
Dari analisis ini kemudian di butuhkan sebuah gagasan konstruktif untuk mentransformasi informasi dari pihak pln yang terkait sebagai salah satu lembaga pelayanan Publik dengan memaksimalkan sosialisasi ditiap-tiap wilayah kerja yang terkait yang tidak hanya akan menjelaskan secara tehnik tapi juga secara universal tentang kaitan dan keberadaan pln terhadap masyarakat termasuk hak dan kewajiban Pln dan hak masyarakat pelanggan terhadap Pln. Dari kegiatan ini kemudian mereduksi "budaya pelayanan minimalis" dengan sistem sinergitas berkelanjutan, putting people first, menjadikan kepuasan masyarakat sebagai prioritas utama.
Dalam hal ini Jaringan Politik Untuk Kerakyatan (JI-PEK) Bulukumba Yang berorientasi pada pembangunan pendidikan kritis masyarakat dengan konsep kerakyatan hadir sebagai mediator dengan menawarkan sharing berupa dialog terbuka terkait pelayanan Pln antara masyarakat pelanggan dengan Pihak PLN yang di kemas dalam sebuah dialog publik dengan mengambil tema ”membangun sinergitas dan partisipasi aktif masyarakat pemakai listrik” yang di selenggarakan secara berkelanjutan di 7 kecamatan diantaranya adalah kecamatan rilau ale, bulukumpa, kecamatan herlang,bontotiro, kajang , ujungloe dan bontobahari. yang telah diselenggarakn dalam bentuk yang serupa.
TUJUAN DAN MAMFAAT
Tujuan Dari Kegiatan Ini Adalah:
- Menjelaskan secara terbuka segala bentuk mekanisme dan pelayanan PLN yang ada
- Upaya membangun sinergitas antara masyaarakat dan pihak PLN terkait persoalan pelayanan
- Memberikan keterbukaan informasi dasar terhadap segala bentuk kebijakan dan perubahan pelayanan yang ada di PLN
- Upaya akses informasi penjelasan dini kelembagaan atas hak dan kewajiban PLN dengan hak dan kewajiban masyarakat pelanggan
- Untuk lebih mengantisipasi berbagai kegiatan praktek percaloan dan manifulasi informasi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.
Mamfaat Dari Kegiatan Ini Adalah :
- Membangun daya kritis masyarakat serta menjadikan masyarakat pelanggan sebagai konsumen yang cerdas dan partisipatif
- Sebagai pendekatan kerja pada masyarakat pelanggan dalam rangka membangun kebersamaan yang panjang ke depan.
- Menuju pelayanan PLN yang lebih maksimal dengan terciptanya kesatuan pemahaman serta gerak langkah dengan segala bentuk pelayanan yang terpadu
C.BENTUK DAN TEMA KEGIATAN
Bentuk Kegiatan ini adalah Dialog/Sharing langsung kelanjutan dari kegiatan di tujuh kecamatan sebelumnya yang ada di kabupaten bulukumba dalam bentuk sosialisasi mekanisme pelayanan PLN
Tema kegiatan ini adalah Dialog Publik” ”Membangun Sinergitas Dan Partisipasi Aktif Masyarakat Pemakai Listrik” Sebagai sebuah Upaya Membangun Sinergitas Antara Masyarakat Pelanggan Dan PLN Cabang Bulukumba
SASARAN/PESERTA KEGIATAN
Sasaran/peserta kegiatan ini adalah :
- Para kepala Desa/lurah se kecamatan yang di maksud
- Para Kepala Dusun/Tokoh Masyarakat
- Tokoh Pemuda dan Pengurus Remaja Mesjid
Dengan target jumlah peserta tiap kecamatan 50 Orang.
NARASUMBER KEGIATAN
Narasumber dalam kegiatan ini adalah Tim Dari PLN CABANG BULUKUMBA TERMASUK Wilayah Ranting Yang terkait.
Pembicara Utama Adalah Manajer/Pimpinan PLN Cabang Bulukumba
( Bapak Wawan Gunawan,ST,MM )
Menghadirkan Penanggap Dari Pihak Pemerintah Kecamatan Yang Terkait
PENGANTAR DIALOG : Arie M dhirganthara
JADWAL/WAKTU KEGIATAN
Jadwal Dan Waktu Kegiatan ini Adalah :
NO | NAMA KECAMATAN | TEMPAT | HARI/TANGGAL/JAM |
1. | (KEC. RILAU ALE) | Aula Pertemuan Kecamatan | JUMAT/ 23 September 2010 Jam : 02.00 Siang Wita |
2. | (KEC. BULUKUMPA) | Aula Pertemuan Kecamatan | Kamis / 29 september 2010 Jam : 02.00 Siang Wita |
3. | -KEC.UJUNG LOE- | Aula Pertemuan Kecamatan | Senin / 03 Oktober 2010 Jam : 02.00 Wita |
4. | -KEC. BONTO BAHARI- | Aula Pertemuan Kecamatan | Rabu 05 Oktober 2010 Jam : 10.00 Wita |
5. | -KEC. BONTO TIRO- | Aula Pertemuan Kecamatan | Senin 11 Oktober 2010 Jam : 02.00 Siang WITA |
6. | KEC. HERLANG | Aula Pertemuan Kecamatan | Senin 11 Oktober 2010 Jam : 02.00 siang Wita |
7. | KEC. KAJANG | Aula Pertemuan Kecamatan | Rabu 12 Oktober 2010 Jam : 02.00 siang Wita |
0 komentar:
Posting Komentar